Ini Dia Alasan Mengapa Programer Wajib Belajar Go Language | Butuh Script

BUTUH SCRIPT

Ini Dia Alasan Mengapa Programer Wajib Belajar Go Language

Go Language (go lang) adalah sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan dari bahasa C  dengan mengkombinasikan bebearapa bahasa pemrograman lain seperti Pascal, Modula, Oberon, serta penambahan ide - ide bahasa pemrograman seperti Newsqueak dan Limdo.  



Menurut sejarahnya, Go Language pertama kali diumumkan pada tahun 2009. Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh tiga pekerja dari perusahaan besar Google. Ketiga pekerja tersebut yaitu Robert Griesemer, Ken Thompson, dan Rob Pike. Tujuan pengembangan Go Language adalah menciptakan sebuah bahasa pemrograman yang lebih efisien, ringan, sederhana, dan dapat diandalakan. Hal ini terbukti dari adanya perusahaan - perusahaan besar yang mengadopsi dan mengaplikasikan Go Lang pada aplikasi - aplikasinya seperti Dropbox, SoundCloud, CloudFlare, Docker, Cloud Foundry, dan Google sendiri. 

Go lang memiliki banyak sekali daya tarik dan kelebihan yang membuat para developer berlomba - lomba menguasai dan mengembangkan bahasa pemrograman ini.  Adapun Kelebihan Go lang diantaranya : 

Fast

Go lang terkenal sebagai bahasa pemrograman yang memiliki proses compiling yang cepat. Go lang terkenal sebagai compiled language yang tidak membiarkan seorang developer menghamburkan varibel dan data - data import. Semua variabel dan data import harus memiliki fungsi dan dijalankan, Sehingga tidak akan ada sintax baik variabel, fungsi, data - data import yang tidak terpakai ( hanya ditulis namun tidak digunakan / tak berfungsi). Dengan begitu tentu dapat dibanyangkan betapa efektif program go lang yang tentu juga berpengaruh terhadap kecepatan akses program go lang. 

Concurrent Programing

Salah satu kelebihan go lang adalah kemampuannya yang dapat menyelaraskan konsep rutinitas pekerjaan (goroutines), Konsep Channels singkornisasi komunikasi, serta pengelolaan banyak jalur bersamaan dengan lebih baik. Hal ini dikarenakna concurrency yang tertanam pada bahasa go lang itu sendiri. Sehingga seberapa banyakpun data yang masuk, akan di filter dan transmisikana dengan sangat baik. 

Clean Code

Go lang juga termasuk bahasa pemrograman yang bersih dan rapi. Para developer akan dipaksa menggunakan aturan penulisan serta methodologi yang sesuai dengan ketentuan go lang itu sendiri. Aturan - aturan ini, akan membuat para developer memahami tentang konsep clean code sesuangguhnya. Untuk apa clean code ? Bahasa pemrograman yang rapi, selain agar mudah dalam proses maintenance, juga berpengaruh terhadap kecepatan proses compileling.

Software Helper

Alat bantu program atau software helper adalah kelengkapan yang digunakan untuk membangun program, misal untuk membangun aplikasi java, Anda wajib menginstal Eclipse atau Netbeans. Alat bantu seperti ini tentu tidak efektif. Disamping sizenya yang besar, sumber daya untuk menjalankan program tersebut juga dapat dikatakan cukup besar. 

Namun tidak dengan go lang. Alat bantu untuk membuat aplikasi go lang mudah dan sangat bersahabat dengan sumber daya. tidak membutuhkan size yang besar dalam installasinya. Sehingga Anda tetap dapat membuat program yang sangat kompleks tanpa takut komputer kehabisan sumber daya. 

Community Helper

Dukungan komunitas pecinta go lang kini uga semakin banyak. Sehingga memudahkan para developer untuk terus berkembang. Meski go lang baru terkenal di tahun 2016, namun komunitas go lang sudah sangat banyak. Dukungan komunitas yang baik akan membuat programer go tidak kerepotan jika ada troble yang dihadapi. 

Posting Komentar