Go Lang Scanln() - Cara Mudah Input Data ke Variabel Go Language | Butuh Script

BUTUH SCRIPT

Go Lang Scanln() - Cara Mudah Input Data ke Variabel Go Language

Fungsi Scanln() adalah sebuah fungsi yang digunakna untuk menginputkan data kedalam sebuah variabel yang telah di deklarasikan. Fungsi ini tentu sangat penting dan hampir selalu digunakan pada setiap program yang dibuat.


Tentu saja perintah  Scanln()  tidak asing lagi bagi para programer C, karna merupakan turunan dari perintah  Scanf()  yang memiliki fungsi sama yaitu input data ke dalam variabel. Sebenarnya pada golang fungsi  Scanf()  juga ada, perbedaannya akan dijelaskan pada postingan selanjutnya. 

Contoh : 

func Scanln(a ....interface{}) (n int, err error)

Kode di atas adalah skema fungsi menggunakan  fmt.Scanln() . Dari fungsi diatas, terlihat bahwa fungsi ini dapat menampung parameter yang bertipe  interface()  yang berjumlah tak terbatas. Dengan ketentuan, setiap parameter akan menampung karakter - karakter yang di pisah dengan tanda spasi. Untuk lebih jelasnya perhatikan listing program berikut : 

package main

import "fmt"

func main()  {
  var s1, s2, s3 string
  fmt.Scanln(&s1, &s2, &s3)

  //Inputan User "Chalid Ade Rahman"
  fmt.Printf("\nHasil Output : \n")

  fmt.Println(s1) //Chalid
  fmt.Println(s2) //Ade
  fmt.Println(s3) //Rahman

}

Dapat dilihat pada program diatas, Anda dapat menampung inputan text  Chalid Ade Rahman  kedalam 3 buah variabel yaitu s1, s2, dan s3. Apabila dijalankan maka tampilan program tersebut kurang lebih seperti berikut :




Posting Komentar