Mengenal Tag Paragraf dalam HTML | Butuh Script

BUTUH SCRIPT

Mengenal Tag Paragraf dalam HTML

Paragraph/Paragraf adalah  tag yang digunakan untuk memulai suatu paragraf baru.  lalu apa bedanya dengan tag <br> ? Tag pragraf tentu lebih efisien dibandingkan tag <br>. Sejatinya tag <br> hanya digunakan untuk berpindah ke line berikutnya atau menyisipkan satu line sehingga tulisan seperti kita tekan (enter) pada keyboard, tetapi tidak untuk tag paragraf. Tag Paragraf mendefinisikan sebuah paragraf dan  bisa kita tambahi dengan attribut seperti rata ke kiri, tengah, kanan, dan justified (rata kiri - kanan)

Contoh Penggunaan Attribut Paragraf

Paragraph memiliki atribut "Align" untuk mengatur posisi perataan sebuah kalimat atau paragraph. Align ini memiliki beberapa option diantaranya left, right, center, justify. Gunakan Left untuk mengatur paragraph agar rata ke kiri, Gunakan Right untuk mengatur paragraph agar rata ke kanan, Center untuk rata tengah dan Justify untuk rata kiri dan kanan. Berikut contoh penggunaannya. 

Kita tidak bisa menggunakan (enter) untuk bepindah line di HMTL
Perhatikan gambar diatas, meski di script HTML kita menggunakan Enter untuk memberi spasi line atau berpindah line untuk membuat paragraph baru. Hasilnya tetep tidak ada paragraf baru di web. Tulisan masih menjadi satu paragraf. Coba kita menggunakan tag paragraph maka hasilnya akan seperti berikut


Perhatikan dengan penambahan tag <p> atau paragraf  secara otomatis akan membuat line atau pargraf baru. lalu bagaimana penggunaan rata kekiri, kanan, tengah atau rata kiri-kanan ? berikt contohnya.

Penggunaan Align Right ( Rata Kanan)
Perhatikan gambar diatas . Seperti Tag HTML yang lain, tag paragraf juga akan berfungsi jika tulisan atau kalimat berada diantara tag <p> sampai dengan sebelum </p> apabila diluar dari tag tersebut maka tidak akan perubahan atau tidak ada efeknya. Berikut contoh lain penggunaan Align. 

Paragraf 1 = Align Center (Rata tengah) | Paragraf 2 = Align Justify (Rata Kiri-Kanan)
Nah kita sudah belajar satu hal kembali yaitu tentang Mengenal Tag Paragraf dalam HTML semoga bermanfaat. 



Posting Komentar